Thursday, December 27, 2012

Mie Ayam ala Ibu Ira ;p

Haiyahhhh gak pernah posting lagi di sini, padahal masak tiap hari. Kali ini saya mau berbagi resep Mie Ayam Praktis dan Ekonomis, cocok disantap saat tanggal tua laiyas duit lagi pas-pasan di kantong saku. Takarannya pakai takaran kira-kira ya, soalnya waktu saya membuat mie ayam ini kondisi perut sudah terlanjur kelaperan banget, jadi nggak lagi mikirin soal takaran, masin cempalng cemplung saja. Selamat mencoba! Bahan Kaldu : Ayam setengah ekor direbus Air 1 panci ukuran sedang untuk merebus ayam Bawang putih 2 siung digeprek lalu iris lalu tumis Merica Garam Kaldu bubuk secukupnya Bawang daun iris tipis Baso ayam atau sapi Cara Membuat Kaldu : Ayam direbus sampai matang, kalau sudah mendidih, angkat ayam, tiriskan, lalu suwir-suwir, sisihkan. Tumis bawang putih, masukkan ke dalam kaldu, masukkan bumbu, lalu terakhir masukkan daun bawng yang telah diiris. Kalau sudah mendidih, masukkan baso sampai matang basonya. Bahan Tumis Ayam : Ayam yang sudah disuwir-suwir Kecap manis Kecap teriyaki garam merica Air sedikit aja Bawang putih iris Cara Membuat Tumis Ayam : Tumis bawang putih yang sudah diiris-iris, masukkan ayam suwir, masukkan kecap manis, kecap teriyaki dan air, masukkan garam dan merica. Penyajian : 1. Mie telor yang sudah direbus sebentar lalu ditiriskan 2. Daun sawi yang sudah dipotong-potong dan direbus 3. Tumis ayam kecap 4. Kaldu kuah baso 5. Kerupuk pangsit (kalau ada) Siap dihidangkan

Monday, May 30, 2011

Semur Daging

Salah satu menu favorit Naufal
Resep dari tabliod Nova

Bahan:
500 gr daging sapi
5 sdm kecap manis
250 ml air
2 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
2 btg serai
2 sdm minyak
bawang goreng untuk taburan

Haluskan:
6 bh bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe
3 btr kemiri goreng
¼ sdt terasi

Taburan:
1 sdt lada, sangrai, haluskan
1 sdt jinten sangrai, haluskan

Cara Membuat:
1. Siapkan wajan, masukkan daging, bumbu halus, kecap manis, lengkuas, daun salam, minyak, dan serai. Remas-remas daging sampai terlumuri dengan bumbu.

2. Jerangkan di atas api kecil, tambahkan sisa air masak sampai semur matang dan empuk. Bila semur daging belum empuk dapat tambahkan air panas secukupnya.

3. Setelah semur matang, tambahkan bumbu jinten dan lada yang sudah disangrai sebanyak ½ sendok teh, aduk rata. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Untuk 6 orang
Tips:
• Lumuri daging dengan bumbu terlebih dahulu, diamkan sebentar agar bumbu benar-benar meresap.

Sunday, May 08, 2011

Tuna Bumbu Kuning

(resep original ira)

Bahan :
- 500gr Tuna fillet, iris sesuai selera, cuci bersih, kucuri jeruk lemon dan garam, sisihkan
- 1/2 butir bawang bombay ukuran kecil, iris tipis
- 2 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 2cm kunyit
- 1cm jahe, dipekprek
- 3 lembar daun jeruk (buang tulang daunnya, supaya nggak pahit)
- 1 lembar daun salam
- 1 batang sereh, (pangkalnya dipekprek)
- 1cm laos, dipekprek
- garam secukupnya
- 250ml air
- minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu

Cara :
- haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit
- tumis bumbu yang telah dihaluskan,bersama irisan bawang bombay, jahe, lengkuas, daun jeruk, salam, sereh, tumis sampai harum
- masukkan ikan tuna, tumis sampai ikan setengah matang (tandanya ikan belum matang kalau warnanya belum berubah jadi putih), masukkan air, didihkan, beri garam sampai rasanya enak dan tambahkan gula pasir sedikittt saja.
- sajikan hangat

Soto Bandung

Lagi-lagi ini resep soto Bandung ala saya :)

Bahan :
- 250gr daging sapi potong kecil-kecil (ukuran untuk sop)
- 3 siung bawang putih, iris tipis
- 6 siung bawang merah, iris tipis
- 1cm jahe, dipekprek
- 1cm lengkuas, dipekprek
- 1 batang daun bawang, iris tebal
- daun salam
- batang sereh
- 1/2 sdt pala bubuk
- garam
- merica secukupnya

Tambahan :
- kacang kedelai goreng
- sambal rawit (cabe rawit merah direbus, lalu diulek, beri garam secukupnya)
- bawang goreng

Cara :
- Rebus daging dengan 1 liter air,masukkan bawang putih, bawang merah, jahe,lengkuas, daun salam , sereh, tambahkan pala bubuk, merica,garam terakhir masukkan daun bawang. (biasanya saya rebus daging + bumbu sampai si daging empuk, terakhir masukkan daun bawang)
- sajikan hangat dengan kacang kedelai goreng, bawang goreng dan sambel rawit

Monday, April 11, 2011

Pindang Patin

Resep original ala saya :) hehehe...ehhh, rasanya enak loh! Seger!

Bahan :

- 1 ekor ikan patin ukuran besar, potong-potong, buang kepalanya
- 1/2 siung bawang bombay iris tipis
- 3 bawang putih iris
- 2 bawang merah iris
- 1 buku jari lengkuas iris tipis
- 1/2 buku jari jahe iris tipis
- 1 buku jari kunyit iris tipis
- 2 lembar daun jeruk
- daun salam
- sereh memarkan
- 1 tangkai daun bawang yg bagian putihnya saja potong-potong
- 1/2 buah tomat iris
- 1sdt kecap manis
- garam,gula merah , gula putih secukupnya

Cara :
- cuci bersih ikan patin, lumuri air jeruk nipis, sisihkan
- tumis semua bumbu sampai wangi, masukkan ikan, tambahkan air secukupnya (kalo saya agak banyakan soalnya kuahnya seger), masukkan tomat, biarkan matang
- setelah matang masukkan daun bawang yang sudah dipotong-potong, tunggu sebentar, lalu matikan api
- sajika panas

Kalau suka rasa pedas, tinggal tambahkan irisan cabe merah pada saat menumis dan rawit merah (utuh) ketika memasukkan tomat.
Selamat mencoba!

Makroni Skutel


Bahan :
- 250 gr macroni, rebus tiriskan
- 1 siung bawang bombay, iris
- 2 siung bawang putih, iris
- jamur kancing
- daging asap
- sosis
- 200 ml susu cair
- keju parut
- pala
- merica
- garam
- 2 butir telur kocok lepas

Cara :

- Tumis bawang sampai harum, masukkan daging asap dan jamur
- Masukkan susu cair dan keju
- Beri merica,pala dan garam secukupnya
- Masukkan macroni yang sudah direbus, aduk rata
- Siapkan pingan tahan panas yang sudah diolesi margarin, tuang macroni ke dalam pinggan 1/2 bagian, lalu susun sosis yang sudah dipotong-potong, tuang lagi sisa macroni sampai habis. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas. Panaskan dandang, kukus selama 10 menit.
- Selagi mengukus, panaskan oven. Setelah dikukus, tambahkan keju parut di atas macroni (kejunya yg tebel..biar enak). Lalu masukkan dalam oven, bakar selama 1 jam (saya pakai oven tangkring dengan api kecil *soalnya ditinggal sambil mengerjakan yang lain*)

Selamat mencoba!

Tempe Orek

Hohohoho.....blog ini sudah lama mati suri, padahal yang empunya tiap hari sekarang masak di dapur. Mulai sekarang mo rajin lagu update ah, tapi sekarang udah jarang bikin kue-kue, yang sering masak (sekarang jadi pekerjaan rutin setiap hari) soalnya kalo enggak kasihan anggota keluarga di rumah (nggak bakalan makan)...hehehehe.


Okeh, yang pertama adalah tempe orek. Resepnya ehmm...ini ala saya banget. Takaran bumbunya banyak ytang dikira-kira. Pedoman Mama dan Mama mertua, kalo masak itu diicip-icip saja kira-kira udah enak enggak...hahahaha, di sini feeling sangant dibutuhkan.

Bahan :
- 1 kotak tempe (kecil yang biasa di tukang sayur)
- 2 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- daun salam
- sereh dimemarkan
- lengkuas sebuku jari
- gula merah
- garam
- 1 sdm kecap
- cabe ijo potong besar

Cara :
- Tempe digoreng dulu 1/2 matang, tiriskan
- iris bawang putih, bawang merah, lengkuas, gula merah, lalu tumis dengan daun salam dan sereh sampai wangi, masukkan tempe, beri kecap manis, beri garam, beri air sedikit, aduk-aduk sampai matang dan wangi.
- orek tempe siap disajikan

Tuesday, May 05, 2009

JANGAN BELI BUKU HASIL COPY PASTE !!!!!!!!!!!!!







Setelah berbagai postingan temen-temen di MP ternyata semakin terbongkar... banyak sekali buku-buku terbitan CAMBOGA yg emang semuanya hasil catutan karya blogger tanah air , duh bener-bener memalukan.

Bayangkan... mereka hanya modal dengkul untuk bisa menjual buku dan akhirnya bisa meraup keuntungan yg masuk ke kocek mereka. sedangkan kami yg membuat photo apalagi mereka yg menghasilkan resep sendiri , perlu waktu , usaha bahkan tidak menutup kemungkinan materi yg tidak sedikit .

Berbagai cara ingin mandapat hasil yg terbaik , tidak jarang untuk mendapat 1 buah photo kita harus mengambil berpuluh2 buah dan hanya satu yg terpilih , belum lagi persiapannya yg lumayan memakan waktu , duuuh bener deh itu perlu usaha bukan hanya COPY PASTE ..

Kalau saja mereka tau berbudi bahasa . coba minta ijin pemilik photo , munkin kita akan iklas bahkan dengan senang hati memberi ijin photo kita dipajang di buku mereka , tentunya merupakan suatu kebanggan stersendiri , tapi kalo di curi... asli ngenes, kesal , marah..Photo buku ini diambil dari Mba Vivi.. orang yg pertama menemukan kenakalan yg sepertinya disengaja nah ini keterangan penerbit dari buku tersebut ( lagi-lagi dari Mba Vivi )

Penyusun : CAM BOGA (Cerdas, Aktual & Modern)
Editor : Nur'aeni & Binar Agni
Desain sampul : Echo_tea
Layout : Agus_joa
Photographer : Gandung Tri Atmojo
Alamat : Komp.Rukon Taman Pondok Kelapa B2 - Jakarta Timur - 13450
Telp: (021) 8654588 - Fax : (021) 8644195
Website : www.hifestpublishing.com

Lebih lengkapnya mangga liat deh , siapa tau ada karya temen2 dimuat di buku itu juga .. lagi-lagi sungguh memalukan :(

http://ingetvivi.multiply.com/photos/album/107/Foto2_Dalam_Buku_Resep_Bajakan?replies_read=23
http://budisutomo.multiply.com/photos/album/127
http://budisutomo.multiply.com/photos/album/126


Dan Ini link lain dari kampanye ini :

1. Om Ophoeng (terima kasih )untuk pembuatan LOGO ANTI PEMBAJAKAN
2. Rita Bellnad (Melbourne - Australia) JANGAN BELI BUKU HASIL COPY PASTE
3. Sefa Firdaus (Bremen - Germany)Foodie Blogger Indonesia vs Maling dari Negeri Sendiri
4. May Irianti (Surabaya) Dukung Kampanye Gerakan Anti Beli Buku Copy Paste
5. Yuli Nava (Detroit - USA) Awas, Awas...!! Banyak Maling Pencuri Karya Anda..!!
6. Still Life Food Group(Indonesian Food Photo Blog Community) Pencurian Hasil Karya Foodie Blogger Indonesia -
7. Foni (Panama)
Jangan Beli Buku Hasil Copy Paste!
Ayo sama sama dukung kampanye foodie blogger : JANGAN BELI BUKU COPY PASTE!
8. Rachmah Setyawati (Surabaya)Ayo Dukung Kampanye Anti Beli Buku Copy Paste
9. Mariena Payne (New Zealand) CAM BOGA
10. Evimeinar Pattern Nasution of The Art & Science of Food (Canada)Surat Terbuka Kepada Redaksi CAM BOGA
11. Sofie Minawati (Bandung - IndonesiaBerantas Buku Hasil Copy-Paste !!!!)
12. Mira Assjarif Dukung Kampanye Anti Pembajakan
13. Lintang Dewayani Pencurian hasil karya Foodie blogger Indonesia
14. Roosy Tirta (Erie USA ) Do not buy stolen and copy paste book
15. Budi Boga Puluhan Resep & Foto Budi Boga Di Bajak Penerbit Cam Boga dan Pustaka Anggrek Tanpa Ijin
16. Apa kata Detik
17. Kompas Online
18. Bagaimana menurut google